Marketing Plan

PENJELASAN MARKETING PLAN

Contoh produk :











PV = Point Value : Nilai untuk menentukan posisi / peringkat

BV = Bonus Value : Nilai dasar yang dipakai sebagai patokan untuk menghitung persentasi bonus. (lihat contoh personal bonus dibawah)


1. Retail Bonus

Yaitu selisih harga antara harga member dan harga konsumen. Bonus ini sangat cocok bagi anda yang suka jualan.


2. First Step Bonus












Yaitu bonus yang anda dapatkan ketika ada member baru yang bergabung dalam jaringan anda, hingga kedalaman 7 Generasi. Pada contoh diatas member mempunyai 5 frontline dan terus terduplikasi sempurna sampai 7 level.


3. Presenter Bonus

Bonus yang diberikan kepada Presenter yang melakukan presentasi CJDW Network, sebesar Rp 10.000,00 dari setiap member yang bergabung dari jaringan manapun.


4. Personal Bonus

Yaitu Bonus pembelanjaan Pribadi sebesar 5 % dari setiap pembelian Produk untuk posisi D1 s.d D3. Contoh Anda masih posisi D1 belanja Air Oxy 1 dos, maka anda dapat 5% dari nilai BV = 5% x Rp. 72.500 = Rp. 3.625


5. Network Bonus.

Network bonus yaitu bonus yang diperoleh dari omset jaringan member di bulan berjalan. Besarnya bonus tergantung peringkat.


Tabel Peringkat dan syaratnya










- Peringkat distributor (D1 – D3) ditentukan omset akumulasi yang terkumpul di jaringan, walaupun berada di kaki yang sama tanpa batas kedalaman level dan waktu.

- Peringkat Manajer ditentukan oleh frontline (member level 1) anda. Apabila Level 1 anda ada 2 dan masing-masing sudah peringkat D3, maka peringkat Manajer menjadi milik anda.

- Peringkat Director juga sama tetapi 2 frontline anda sudah berperingkat Manajer.

- Peringkat Silver keatas tidak lagi tergantung dari frontline, tetapi omset yang terjadi pada bulan berjalan. Untuk Silver apabila ada 2 kaki yang berbeda dan masing-masing mempunyai omset minimal 40.000 PV atau 800 dus sebulan, maka anda sudah berperingkat Silver.

- Peringkat Gold bisa diperoleh apabila ada 3 kaki yang berbeda dan masing-masing mempunyai omset minimal 60.000 PV atau 1200 dus sebulan

- Peringkat Diamond Director bisa diperoleh apabila ada 4 kaki yang berbeda dan masing-masing mempunyai omset minimal 100.000 PV atau 2000 dus sebulan.

- Peringkat Executive Director bisa diperoleh apabila ada 5 kaki yang berbeda dan masing-masing mempunyai omset minimal 200.000 PV atau 4000 dus sebulan.

- Untuk mendapatkan bonus anda perlu belanja bulanan (TUPO), untuk peringkat Distributor (D1-D3) cukup belanja 50 PV/bulan atau Rp. 107.500.

- Posisi Manajer keatas adalah posisi Aman, karena anda sudah tidak lagi keluar biaya untuk belanja, Ada Automaintenance yaitu belanja otomatis yang dipotong dari bonus anda. Besarnya Automaintenance tergantung peringkat (lihat table diatas).


Tabel Persentasi bonus berdasarkan peringkat










Besarnya bonus tergantung peringkat anda. Untuk perhitungan, sebagai patokan adalah frontline anda. Misalnya peringkat anda Silver (SDR) dan mempunyai 4 kaki (frontline) yang berbeda dan masing-masing berperingkat DR, MR, D3 & D2. Maka penghitungan bonusnya sebagai berikut :

- Lihat peringkat SDR ketemu DR tertulis 1%, artinya seluruh omset yang berada di member yang berperingkat DR dikalikan 1% dari total nilai BV yang terkumpul.

- Lihat peringkat SDR ketemu MR tertulis 2%, artinya seluruh omset yang berada di member yang berperingkat MR dikalikan 2% dari total nilai BV yang terkumpul.

- Lihat peringkat SDR ketemu D3 tertulis 4%, artinya seluruh omset yang berada di member yang berperingkat D3 dikalikan 4% dari total nilai BV yang terkumpul.

- Lihat peringkat SDR ketemu D2 tertulis 7%, artinya seluruh omset yang berada di member yang berperingkat D2 dikalikan 7% dari total nilai BV yang terkumpul

Untuk member yang mempunyai peringkat sama, maka tidak mendapatkan bonus network dari member tersebut. Misalnya peringkat anda SDR, pada table diatas peringkat SDR ketemu SDR, disitu ga ada nilai persen nya. Tetapi anda akan mendapatkan break bonus. (lihat penjelasan break bonus).


Catatan : BONUS KHUSUS D1 KE D1
Posisi D1 yang memiliki downline D1 akan mendapatkan 10 % dari front line-nya

6. Matching Bonus


Yaitu bonus yang diberikan sejumlah 50 % dari Network Bonus dari seluruh Member yang anda Sponsori. Contohnya, anda mempunya member langsung (anda sponsornya) seperti gambar dan masing-masing mempunyai network bonus sbb:


Member A : Rp. 320.000

Member B : Rp. 523.000

Member C : Rp. 1.560.000

Member D : Rp. 565.500

Member E : Rp. 653.000

Member F : Rp. 22.570.000

Member G : Rp. 853.000

Member H : Rp. 56.500

Total : Rp 27.101.000

Maka Matching bonus anda adalah

50% x Rp. 27.101.000 = Rp. 13.550.500,-


Note : Match Bonus D1 diberikan sejumlah 50% dari Personal Bonus Frontline dari member yang Anda sponsori.

Semakin banyak anda mensponsori, maka akan semakin besar pula bonus anda. Ada contoh member, bisa dapat matching bonus Rp. 190 juta /bulan (hanya dari Matching) karena yang di sponsori nya sudah berperingkat DDR (pak Simon) dan masih banyak lagi yang lain. Jadi kalo anda bisa merekrut seorang leader MLM,peluang dpt bonus matching juga besar.


7. Development Bonus


Bonus yang diberikan bagi posisi tertentu untuk Pembinaan jaringan yang telah dilakukan.










RUMUS : ___Persentase BV Nasional___

Jumlah member posisi selevel


Bagi Peringkat MR sd DR tidak ada syarat.

Bagi SDR s.d EDD syaratnya :

SDR : memiliki kaki ke 2 terbesar minimum 20.000 PV

GDR : memiliki kaki ke 3 terbesar minimum 30.000 PV

DDR : memiliki kaki ke 4 terbesar minimum 50.000 PV

EDD : memiliki kaki ke 5 terbesar minimum 100.000 PV


6. Break Bonus

Bonus yang diberikan kepada Distributor yang mempunyai kaki dengan peringkat sama atau kena Break. Diberikan bagi peringkat MR s.d EDD.


Break Bonus = BV Nas x Faktor Pengali x Jml Kaki kena Break

Jml. Kaki break selevel


Faktor Pengali :

MR : 0,50 %

DR : 0,5 %

SDR : 0,4 %

GDR : 0,25 %

DDR : 0,20 %

EDD : 0,15 %


7. Side Volume Bonus


Adalah bonus yang diberikan kepada Distributor dengan syarat : Mempunyai kaki dengan peringkat sama (kena Break) dan harus mempunyai kaki lain yang tidak kena break, dengan syarat :


MR : Total PV group kaki ke 2 minimal 1.000 PV

DR : Total PV group kaki ke 2 minimal 2.500 PV

SDR : Total PV group kaki ke 2 minimal 10.000 PV

GDR : Total PV group kaki ke 3 minimal 20.000 PV

DDR : Total PV group kaki ke 4 minimal 40.000 PV

EDD : Total PV group kaki ke 5 minimal 80.000 PV


Side Volume Bonus = BV Nas x Faktor Pengali

Qualified Side Volume


Faktor Pengali :

MR : 0,50 %

DR : 0,5 %

SDR : 0,4 %

GDR : 0,25 %

DDR : 0,20 %

EDD : 0,15 %


8. Reward Bonus

Syarat : Kualifikasi 6 (enam) kali dalam 1 tahun kalender OXY periode tutup poin mei s.d April setiap tahunnya dan diberikan berupa barang.


9. Insurance Bonus

Bonus yang diberikan bagi distributor peringkat Manager sampai dengan Executive Diamond Director yang qualified 6 kali dalam 1 tahun kalender OXY periode tutup point Mei sampai dengan April tahun berikutnya.











12. Position Bonus

Bonus yang diberikan untuk posisi tertentu dari kaki ke 2, 3, 4 dan 5 terbesar.











13. Leadership Bonus

Bonus yang diberikan bagi peringkat Silver Director sampai dengan Executive Diamond Director yang qualified untuk pengembangan jaringan. Apabila saat periode berjalan distributor tersebut tidak qualified maka Leadership Bonus diberikan sesuai di peringkat dimana distributor tersebut qualified.


Contoh : Seorang distributor dengan peringkat Diamond Director tetapi pada periode tertentuomset groupnya hanya masuk kualifikasi Gold Director, maka distributor tersebut akan mendapatkan bonus maksimal peringkat Gold Director.









Rumus : ( PV Group / Total pv Group Selevel ) X % BV Nas